Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Optimasi SEO Pada Wordpress

Optimasi SEO Pada Wordpress

Optimasi SEO Pada Wordpress  - Terdapat banyak sekali website-website yang terindex di google, mulai dari website , blog , situs. Semakin banyaknya website yang terindex makin sulitnya untuk website baru juga ikut terindex. Mungkin sekarang ini banyak yang mengeluh kalo website nya tidak terindex.
Apa yang harus saya lakukan ?
Mungkin ada banyak cara untuk optimasi SEO Pada website Wordpress anda, meskipun banyak cara untuk SEO Wordpress , kalian harus benar-benar mengusai teknik SEO pada pembuatan konten pada website anda, Percuma kalo anda sudah nerapin Cara SEO nya tetapi konten anda tidak memenuhi SEO akan bakalan sulit juga agar Website anda terindex di mesin pencarian. Yang perlu anda lakukan, Kalian harus memperbaiki dulu konten di website anda, Bagaimana cara? Anda mungkin minat untuk membaca Belajar Menulis Artikel SEO Friendly dan Bekualitas.
 
Setelah anda sudah memperbaiki konten artikel anda, anda baru mulailah untuk melakukan Optimasi SEO Pada Wordpress, Untuk Optimasi SEO emang ada banyak tapi saya Cuma merekomendasikan yang paling terbaik dan cocok untuk pemula seperti anda.  Sebelum anda melakukannya, saya mau bertanya APAKAH WEBSITE ANDA LAYAK UNTUK TERINDEX GOOGLE? Coba kalian Baca Dulu Panduan Membuat Blog Sampai Sukses.
Jika blog anda sudah layak dan Siap untuk Optimasi, ikuti langkah-langkah yang saya berikat di bawah ini, saya sarankan anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat agar nantinya memilik hasil yang memuaskan.

1.Kalian Instal Plugin SEO Pada Wordpress

Ada banyak sekali plugin SEO DI wordpress tapi saya sarankan anda menggunakan Plugin  Yoast SEO saja, saya kira Plugin tersebut adalah plugin yang paling bagus dan popular saat ini, kalian bisa membeli plugin tersebut yang premium biar cara kerjanya bisa maksimal. Plugin ini memungkinkan anda untuk mengontrol semua untuk melakukan Optimasi SEO pada Website anda. Ada juga Plugin lainnya yang saya tau yaitu All in One SEO Pack. Tapi saya tidak menyarankan nya, anda cukup menggunakan S+Yoast SEO saja biar maksimal.

2. Melakukan Riset Kata Kunci

Seperti artikel saya Sebelumnya Yaitu Belajar Teknik Pengoptimalan SEO Untuk Pemula, Keyword sangat penting , dan salah satu factor pertimbangan pihak google untuk menentukan peringkat pada artikel anda. Maka dari itu anda jika membuat konten artikel anda wajib untuk riset kata kunci terlebih dahulu, selain itu anda juga bisa tau kaya yang tepat dan pas yang sebaikknya digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan Google Keyword Planner untuk dapat meriset kata kunci yang tepat untuk konetn artikel anda.

3. Menentukan Kata Kunci Postingan

Jika anda sudah meriset kata kunci, anda perlu meletakan di dalam artikel anda. Kata kunci yang berfokus ini akan membuat konten anda dipahami dengan pengunjung dan juga mempengarui tikan SEO pada website anda.  Ini adalah cara paling mundah untuk meningkatkan peringkat website anda.  Anda bisa menggunakan Plugin Yoast SEO untuk anda yang baru saja pertama kali membuat konten artikel untuk website anda.

4. Mengoptimalkan Penggunaan Permalink

Jika cara di atas sudah anda lakukan, yang harus anda lakukan sekarang ini untuk pengoptimalkan Permalink anda. Default Wordpress Permalinknya biasanya di sertai tanggal dan bulan. Contohnya yaitu. Ubahlah permailk tersebut yang mengandung kata kunci dan keyword. Dan juga usahakan menggunakan Permalink yang pendek akan memberikan performa yang sangat baik bagi website anda. Anda dapat menggubang permalink default wordpress di menu settin kemudian Permalink. Kemudian pilihlah Button Post Name dan silahkan di Save.

5. Menentukan Title tag

Anda juga bisa memanfaatkan Title tag yang disediakan di Plugin Yoast SEO tadi. Kenapa Yoast SEO saya taruh di atas? Memang fitur dari Yoast seo sendiri sangat bagus , anda bisa menentukan Title Tag yang cocok dan tepat bagi konten artikel anda. Anda dapat menampilkan hasil pencarian sebanyak 65 karakter. Title tag ini juga berpengaruh di dalam Click Through Rate, jadi kalian bisa membuatnya agar manarik perhatian.

6. Menentukan Meta Description

DI dalam Yoast SEO anda juga bisa memasukan Meta Description, hal ini dapat mempengaruhi CTR, semakin baik meta description akan semakin baik jga pula CTR nya.  Maka dari itu hal ini data berpengaruh bagi peringkat website anda di Google. Untuk menentukan Meta Description anda bisa Scrool ke bawah pada saat membuat konten artikel kemudian Cari Edit Snippet kemudia masukan Description singkat mengenai Artikel andam . anda juga bisa memasukan keyword pada meta description agar lebih bagus lagi.

7. Mengoptimalkan Gambarnya

Jika ingin artikel anda SEO anda juga bisa mengoptimalkan gambarnya dengan cara memberi nama pada file gambar anda, gunakan pemisah strip agar google mene\genalinya dua kata. Selain memberikan nama anda juga bisa memberikan ALT text pada gambar anda tersebut. ALT text ini biasa saya gunakan untuk menentukan seberapa relavan anatara konten yang saya tulis dengan gambar yang saya upload. Untuk caranya anda klik gambar kemudian edit dengan menekan tombol symbol pensil. Dan anda juga bisa memberikan Title tag pada gambar anda, cara ini sangat berpengaruh pada tingkt SEO konten artikel anda. Untuk caranya hamper sama dengan ALT text.

8. Menambahkan Internal Link

Seperti artikel  yang saya tulis sebelumnya yaitu  Belajar Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas. Internal link ini sangat penting juga untuk seo, saya sarankan untuk anda , jika nada membuat konten artikel di website anda , bisakan untuk memasukan internal link di dalam artikel anda. Saya merekomendasika anda memasukan internal link kurang lebih 5 link, jangan terlalu banyak karean nanti akan bikin si pengunjung malas baca.

9. Pembuatan Sitempat XML

Sitemap ini adalah sebuah alat bantu untuk para webmaster untuk mempermudah dalam pengenalan peta situs anda. Untuk membuat sitemap XML anda juga bisa memanfaatkan Plugin Yoast SEO tadi.

10. Daftarkan Webiste anda DI Webmaster

Anda juga bisa mendaftarkan Webiste anda di Webmaster, contoh webmasternya bisa Bing dan Google Webmaster. Webmaster akan membatu dalam pengindex an website anda. Anda juga bisa sumbit sitemap yang anda buat tadi di webmaster.
Mungkin 10 cara tersebut bisa membantu anda. Mungkin ada banyak cara untuk SEO Website, tapi saya hanya bisa membagikan 10 itu. Anda harus benar-benar sabar karena kalo website baru memang sult dalam ke index an nya.

Terima kasih dan selamat mencoba.
Open Comments

Post a Comment for "Optimasi SEO Pada Wordpress"