Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa itu Jaringan Personal Area Network (PAN) dan Contoh Penggunaannya

Apa itu Jaringan Personal Area Network (PAN) dan Contoh Penggunaannya

Apa itu Jaringan Personal Area Network (PAN) dan Contoh Penggunaannya - Pada artikel tentang teknologi informasi kali ini kita akan membahas sebuah artikel dalam dunia Jaringan Komputer.

Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya. Jika kamu adalah pelajar yang bersekolah di sekolah kejuruan jurusan TKJ (Teknik Jaringan Komputer) atau RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) atau semacamnya maka ini adalah artikel yang sangat cocok untuk kamu.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis jaringan komputer yang ada hingga sekarang dan semua jenis jaringan tersebut diukur berdasarkan jarak jangkauannya dari yang paling dekat sampai yang paling jauh, jaringan-jaringan komputer tersebut adalah PAN, LAN, MAN, dan WAN. Tetapi, kita akan membahas semua jenis jaringan komputer tersebut masing-masing dalam 1 artikel dan artikel ini dikhususkan untuk membahas jaringan komputer yang pertama, yaitu PAN (Personal Area Network).

Pengertian jaringan pan (personal area network) dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.


Pengertian PAN


PAN atau singkatan dari Personal Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, hanya sampai beberapa meter saja. PAN merupakan jaringan komputer yang paling dekat jaraknya diantara jenis jaringan komputer lainnya. Perlu diketahui bahwa PAN juga bisa digunakan pada perangkat selain komputer seperti ponsel pintar, televisi dan berbagai perangkat canggih lainnya.

Baca Juga : Pengertian Flip-Flop, Jenis-Jenis, Fungsi dan Cara Kerja nya

Sistem keamanan dan kontrol pada jaringan PAN adalah dengan menggunakan autoritas pribadi sementara teknologi yang digunakan pada jaringan PAN Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada di komputer seperti USB dan Firewire.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
  1. Menghubungkan ponsel pintar dengan ponsel pintar lainnya menggunakan bluetooth.
  2. Menghubungkan ponsel pintar dengan komputer menggunakan bluetooth.
  3. Menghubungkan mouse dengan komputer menggunakan bluetooth.
  4. Menghubungkan printer dengan komputer menggunakan bluetooth.
  5. Menghubungkan keyboard dengan komputer menggunakan bluetooth.

Itulah materi singkat tentang jaringan PAN (Personal Area Network). Semoga kamu bisa memahami tentang jaringan PAN. Tunggu artikel selanjutnya tentang artikel jaringan lainnya, saya meminta maaf jika artikel kali sedikit karena keterbatasan sumber.

Mohon dikoreksi jika ada yang salah, jangan lupa untuk memberikan pendapatmu dikolom komentar dan bagikan juga ya ke teman-temanmu agar mereka juga mengetahui informasi ini.
Open Comments

Post a Comment for "Apa itu Jaringan Personal Area Network (PAN) dan Contoh Penggunaannya"