Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
10 Alasan Utama Untuk Beralih Ke Linux

10 Alasan Utama Untuk Beralih Ke Linux


1. Tidak Rusak

Linux telah terbukti sebagai sistem operasi yang andal. Meskipun desktop bukan tempat baru untuk Linux, sebagian besar sistem berbasis Linux telah digunakan sebagai server dan sistem embedded. Situs web dengan visibilitas tinggi seperti Google menggunakan sistem berbasis Linux, tetapi Anda juga dapat menemukan Linux di dalam set-top box TiVo di banyak ruang keluarga.

Linux telah terbukti sangat andal dan aman sehingga umumnya ditemukan di sistem firewall dan router khusus yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengamankan jaringan mereka. Selama lebih dari sepuluh tahun, belum lazim bagi sistem Linux untuk berjalan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun tanpa perlu reboot.

2. Virus Beberapa dan Jauh Antara

Meskipun dimungkinkan untuk membuat virus untuk menargetkan sistem Linux, desain sistem itu sendiri membuatnya sangat sulit untuk terinfeksi. Satu pengguna dapat menyebabkan kerusakan lokal pada file-nya dengan menjalankan virus di sistemnya; Namun, ini akan menjadi contoh yang terisolasi daripada sesuatu yang bisa menyebar di luar kendali.

Selain itu, hampir semua vendor Linux menawarkan pembaruan keamanan on-line gratis. Filosofi umum dari komunitas Linux adalah untuk mengatasi kemungkinan masalah keamanan sebelum mereka menjadi masalah daripada berharap kerentanannya akan luput dari perhatian.

3. Sebenarnya Hampir Tidak Ada Perangkat Keras

Linux dirancang dan ditulis agar mudah dibawa ke perangkat keras yang berbeda. Untuk pengguna desktop, ini berarti bahwa Linux telah dan kemungkinan akan selalu menjadi sistem operasi pertama yang memanfaatkan kemajuan teknologi perangkat keras seperti chip prosesor 64-bit AMD.

4. Kebebasan Memilih

Linux menawarkan kebebasan memilih sejauh mana produsen tempat Anda membeli perangkat lunak serta program aplikasi mana yang ingin Anda gunakan. Mampu memilih pabrikan berarti Anda memiliki pilihan nyata sejauh jenis dukungan yang Anda terima. Menjadi perangkat lunak sumber terbuka, produsen baru dapat memasuki pasar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pilihan program aplikasi berarti Anda dapat memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, tiga pengolah kata populer tersedia. Ketiganya gratis dan beroperasi dengan Microsoft Word, tetapi masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan yang unik. Hal yang sama berlaku untuk browser Web.

5. Standar

Linux itu sendiri dan banyak aplikasi umum mengikuti standar terbuka. Ini berarti pembaruan pada satu sistem tidak akan membuat sistem lain menjadi usang.

6. Aplikasi, Aplikasi, Aplikasi

Setiap distribusi Linux dilengkapi dengan ratusan dan mungkin ribuan program aplikasi. Ini saja dapat menghemat ribuan dolar untuk setiap sistem desktop yang Anda konfigurasi. Walaupun ini adalah subset yang sangat kecil, pertimbangkan bahwa office suite OpenOffice.org termasuk juga GIMP, sebuah program yang mirip (dan banyak orang mengatakan lebih mampu daripada Adobe Photoshop); Scribus, program tata letak dokumen yang mirip dengan Quark Xpress; Evolution, sistem email yang setara dengan Microsoft's Outlook Express; dan ratusan lainnya.

Untuk yang lebih condong secara teknis, alat pengembangan, seperti kompiler untuk C, C ++, Ada, Fortran, Pascal dan bahasa lainnya, termasuk juga penerjemah Perl, PHP dan Python. Editor dan alat versi juga termasuk dalam kategori ini.

Apakah Anda mencari klien Pesan Instan, alat cadangan atau paket pengembangan situs Web, mereka semua kemungkinan termasuk dalam distribusi Linux dasar Anda.

7. Interoperabilitas

Semakin banyak komputer yang terhubung ke jaringan. Tidak ada sistem yang akan lengkap jika tidak termasuk alat untuk memungkinkannya untuk beroperasi dengan komputer yang menjalankan sistem operasi lain. Sekali lagi, Linux sangat kuat di bidang ini.

Linux termasuk Samba, perangkat lunak yang memungkinkan Linux untuk bertindak sebagai klien di jaringan berbasis Microsoft Windows. Bahkan, Samba menyertakan fasilitas server sehingga Anda dapat menjalankan sistem Linux sebagai server untuk sekelompok sistem klien berbasis Linux dan Windows.

Selain itu, Linux menyertakan perangkat lunak ke jaringan dengan jaringan Apple dan Netware Novell. NFS, teknologi jaringan yang dikembangkan pada sistem UNIX juga disertakan.

8. Ini Hubungan Masyarakat, Bukan Hubungan Pelanggan

Sistem operasi lain adalah produk dari vendor tunggal. Linux, di sisi lain, dikembangkan secara terbuka, dan teknologi ini dibagi di antara vendor. Ini berarti Anda menjadi bagian dari komunitas dan bukan pelanggan dari satu produsen. Selain itu, komunitas pemasok dengan mudah dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai komunitas pengguna alih-alih melontarkan filosofi "satu ukuran cocok untuk semua".

Ini berarti Anda dapat memilih vendor Linux yang tampaknya paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan merasa yakin bahwa Anda dapat beralih vendor di lain waktu tanpa kehilangan investasi Anda - baik dari segi biaya maupun pembelajaran.

9. Ini Tidak Seberapa Besar Prosesor Anda ...

Karena kombinasi dari desain internal Linux dan kontribusi pengembangan dari komunitas yang beragam, Linux cenderung lebih hemat dalam penggunaan sumber daya komputer. Ini mungkin memanifestasikan dirinya dalam sistem desktop tunggal yang berjalan lebih cepat dengan Linux daripada dengan sistem operasi lain, tetapi keuntungannya jauh melampaui itu. Sebagai contoh, dimungkinkan untuk mengkonfigurasi sistem Linux tunggal untuk bertindak sebagai server terminal dan kemudian menggunakan perangkat keras yang ketinggalan zaman seperti apa yang disebut thin client.

Konfigurasi server / thin client ini memungkinkan perangkat keras yang lebih lama dan kurang bertenaga untuk berbagi sumber daya dari satu sistem yang kuat sehingga memperpanjang umur mesin yang lebih tua.

10. Linux Dapat Dikonfigurasi

Linux adalah sistem operasi multi-pengguna sejati. Setiap pengguna dapat memiliki konfigurasi sendiri masing-masing di satu komputer. Ini termasuk tampilan desktop, ikon apa yang ditampilkan, program apa yang dimulai secara otomatis ketika pengguna login dan bahkan bahasa apa desktop tersebut.

Dan terakhir, tidak ada karakter Bill schmendrick yang memberi tahu Anda apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan.
Open Comments

Post a Comment for "10 Alasan Utama Untuk Beralih Ke Linux"