Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar

5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar

5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar - Selamat datang di blog Simastah. Sekarang saya akan memberikan tips atau 5 cara ampuh dalam mengatasi rasa malas belajar. Karena sepertinya sudah lama saya tidak memberikan tips untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Maka saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk kembali menulis artikel tentang tips dan trik tersebut.

Silah disimak dibawah ini secara seksama:

5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar

5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar di Sekolah

Belajar adalah sebuah tugas serta tanggung jawab utama bagi kita sebagai seorang siswa. Namun, kadang atau bahkan sering sekali kita sangat malas untuk belajar. Akui saja kamu juga sering merasakan hal yang sama. Mengapa? Karena hal ini adalah wajar pada seorang siswa.

Kita pasti sering merasakan yang namanya malas belajar. Entah itu malas belajar bahasa indonesia, malas belajar bahasa inggris, malas belajar berolahraga atau malas belajar lainnya. Tetapi, rasa untuk menjadi siswa yang berprestasi pasti ada didalam hati kita.

Lalu bagaimana caranya menjadi siswa yang berprestasi tanpa belajar? Jawabannya adalah tidak ada. Orang-orang yang sukses disegala bidang juga pernah mengalami berbagai macam proses dan kerja keras, dan salah satunya adalah belajar.

Seorang pemain bola / pesepak bola jika ingin sukses maka dia harus mempelajari posisinya dan teknik-teknik tertentu. Seorang programmer juga harus mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman. Semuanya harus belajar dengan rajin agar bisa mencapai target atau titik puncak yang diharapkan.

Kita sebagai seorang pelajar juga seperti, kita harus bisa mengendalikan dan mengontrol diri agar mau untuk belajar. Nah oleh karena itulah saya tertarik untuk membuat artikel ini.

Sebenarnya artikel bukan hanya saya tujukan kepada kamu, tetapi saya tujukan kepada diri saya sendiri agar ketika saya kembali merasa malas untuk belajar maka saya akan membaca artikel ini dan mendapat semangat untuk belajar.

Tetapi, sebelum kita membahas cara mengatasi rasa malas belajar, mari kita cari tahu terlebih dahulu penyebab atau faktor apa saja yang membuat kita menjadi malas untuk belajar.

Penyebab atau Faktor Malas Belajar

Sebuah kejadian pasti tidak akan terjadi jika tidak memiliki penyebab, bukan? Hal tersebut tak terkecuali dengan rasa malas belajar yang sering kita alami.

Kita tidak akan menjadi malas belajar jika tidak ada penyebabnya. Lalu, bagaimana cara mencari penyebab utama rasa malas belajar datang? Jawabannya adalah kamu sendiri yang mengetahui.

Faktor yang menyebabkan seorang siswa mengalami rasa malas belajar pastinya berbeda-beda. Jadi, coba kamu cari tahu sendiri apa yang membuat kamu merasa malas untuk belajar?

Mungkin jawaban yang paling banyak didapatkan dari pertanyaan tersebut adalah seperti ini

"Buat apa belajar? Lebih baik main game"
"Pusing belajar mulu, mending tidur deh"
"Ntar aja deh belajarnya, mau main dulu"

Atau masih ada jawaban-jawaban lain yang bisa kamu peroleh. Sebenarnya, jika kamu sudah mendapatkan jawaban atas faktor apa yang menyebabkan kamu malas untuk belajar maka kamu juga sudah mendapatkan solusinya, namun kadang kita tidak mau untuk menghilangkan rasa malas belajar tersebut.

Tetapi, saya rasa ada satu hal yang mungkin menjadi penyebab utama kita menjadi malas belajar. Yaitu tidak adanya tujuan yang spesifik.

Coba bayangkan saja. Kamu pergi dari rumah menuju sekolah. Setelah sampai sekolah, menunggu bel masuk lalu ketika guru masuk maka guru akan langsung memberikan materi tentang mata pelajaran yang akan dipelajari sesuai dengan standar operasional sekolah, kurikulum atau pemerintah.

Dengan cara yang seperti itu tentu siswa masih belum mendapat tujuan yang spesifik, jadi usahakan lah agar dari rumah kamu menulis tujuan kamu atau mengingat-ingat tujuan kamu buat apa kamu pergi ke sekolah, yaitu tujuannya adalah untuk belajar.

Dengan begini walaupun guru atau pengajar tidak memberitahukan tujuan secara langsung maka kita akan memperoleh dorongan dari dalam diri sendiri serta memperoleh semangat untuk mengikuti pelajaran dengan baik.

Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar

Setelah memperoleh beberapa serta penyebab utama mengapa rasa malas belajar selalu menghantui kita, maka sekarang mari kita pelajari cara mengatasi rasa malas belajar

1. Tentukan Tujuan atau Target

Cara pertama dalam mengatasi rasa malas belajar yang paling ampuh adalah dengan menentukan tujuan. Apa hubungannya belajar dengan tujuan?

Mari kita ambil contoh yang sederhana. Coba bayangkan kamu adalah seorang kapten dalam sebuah tim sepak bola. Kamu menginginkan agar tim kamu tersebut memenangi setiap pertandingan dan menjuarai kompetisi.

Maka kamu akan melakukan segala cara agar tim kamu memilik semangat juang yang tinggi, sifat kerja keras, sebuah kerja sama tim yang baik dan beberapa hal lainnya.

Mengapa kamu melakukan segala upaya tersebut? Tentunya karena kamu memiliki sebuah tujuan, yaitu agar tim kamu menjadi juara atau pemenang kompetisi atau liga sepak bola tersebut.

Coba bayangkan saja jika kamu hanya bermain tanpa ada sebuah tujuan, pasti tim sepak bola kamu juga tidak mempunyai semangat dan ambisi yang tinggi untuk menang.

Dengan tujuan tersebut kamu akan mempunyai sebuah pikiran bawah sadar yang mengharuskan dan memberikan kamu sebuah sugesti agar kamu melakukan hal-hal yang bisa mendorong kamu menjadi juara 1 dikelas, dan salah satunya adalah belajar.

Kamu bisa membuat tujuan lain sesuai dengan keinginan kamu agar kamu tidak malas belajar, tetapi pastikan tujuan tersebut adalah tujuan yang jelas dan selalu kamu ingat didalam pikiran kamu, bila perlu tulis saja didinding pintu kamar agar kamu selalu mengingatnya.

2. Strategi Belajar

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas belajar adalah dengan menggunakan strategi belajar yang tepat.

Apa yang kamu rasakan selama ini ketika belajar disekolah atau belajar sendiri? Apakah kamu merasa bosan atau bahkan menjadi malas karena metode yang digunakan sangat membosankan.

Jika iya, maka kamu perlu mengubah strategi atau metode belajar kamu. Jika disekolah kamu hanya belajar dengan cara membaca lalu mengerjakan soal. Cobalah mencari hal yang membuat kamu senang atau membuat kamu semangat lalu gabungkan hal tersebut dengan belajar.

Mungkin metode yang paling sering digunakan agar membuat siswa semangat dalam belajar adalah dengan sebuah game atau permainan. Kamu bisa mencari game yang bisa melatih kamu dalam bidang mata pelajaran tertentu.

Dengan menggunakan strategi dan metode belajar yang kamu sukai, maka dapat dipastikan kamu pasti tidak akan merasakan rasa malas dalam belajar dan malah ingin belajar lagi dan lagi.

3. Menetapkan Prioritas Untuk Belajar dan Mengatur Pola Pikir

Selanjutnya, cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menetapkan kegiatan belajar sebagai prioritas utama setelah ibadah, makan atau keperluan utama yang lainnya.

Biasanya, kita akan melakukan sesuatu dengan berdasarkan prioritas atau seberapa penting kegiatan tersebut. Jika kita sudah merasa lapar, maka makan adalah hal yang paling kita prioritaskan.

Maka kita perlu membuat kegiatan belajar menjadi kegiatan yang kita prioritaskan juga. Jika kamu mendapatkan waktu luang, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar.

Kebanyakan siswa jika mendapat waktu luang pasti akan menghabiskannya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat, jadi mulai sekarang mulailah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan atur pola pikir kamu agar kamu mampu untuk memprioritaskan belajar sebagai hal yang paling penting dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

4. Membuat Motivasi

Saya rasa jarang sekali ada pelajar yang membuat motivasi kepada diri sendiri agar terus belajar.

Maka, kamu perlu melakukannya. Mengapa kita harus membuat motivasi bagi diri sendiri? Motivasi yang bagus akan membangkitkan semangat dan mood kita secara drastis.

Jika kamu sedang merasa malas untuk belajar, maka cobalah berpikir dan buat motivasi bagi diri sendiri agar kamu mau untuk belajar.

Contoh motivasi sederhana yang bisa kamu gunakan adalah seperti sugesti berikut ini.

"Semua orang yang sukses adalah mereka yang rajin belajar."

Dengan adanya sugesti atau motivasi seperti contoh diatas dalam pikiran kamu maka semangat kamu pasti akan bangkit karena kamu terdorong dan ingin menjadi orang yang sukses sementara orang yang sukses adalah mereka yang rajin belajar berdasarkan contoh diatas.

5. Tindakan dan Praktik

Dan cara terakhir dari 5 cara ampuh mengatasi rasa malas belajar adalah dengan melakukan sebuah tindakan.

Jika kamu hanya memikirkan ke empat cara diatas tanpa melakukan sebuah tindakan maka sama saja hasilnya dengan sia-sia, kamu bahkan hanya membuang-buang waktu kamu.

Jadi, pastikan setelah kamu berpikir dan memahaminya, maka langsung dipraktikan dan tindakan yang harus kamu lakukan tersebut adalah 4 cara diatas dan kemudian belajar.

Saya mempunyai 1 kalimat motivasi yang membuat saya selalu merasa semangat ketika membaca kalimat tersebut. Kalimat yang saya maksud adalah :

"Your future is created by what you do today, not tomorrow"

Yang artinya masa depan kamu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan sekarang, bukan esok hari. Dengan membaca kalimat diatas maka saya pasti akan melakukan tindakan dan tidak menunda-nunda waktu lagi.

Nah, itu dia 5 cara ampuh mengatasi rasa malas belajar. Silahkan kamu pelajari, pahami dan jangan lupa untuk dipraktikan.

Nantikan artikel menarik lainnya hanya di blog Simastah. Mohon dikoreksi jika ada yang salah dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.
Open Comments

Post a Comment for "5 Cara Jitu Mengatasi Rasa Malas Belajar"